Assalamu'alaikum wr.wb.

Selasa, 20 September 2011

Peluang Pasar Bagi Rumah Tangga Produksi

Sudah menjadi fenomena publik ketika tiba tahun ajaran baru, dimana terdapat banyak mahasiswa baru yang memilih merantau dari tempat tinggalnya karena melihat jarak antara rumah dengan kampus cukup jauh. Melihat fenomena perubahan demografi tersebut, saya berpikir untuk mengembangkan bisnis rumah kos - kosan, karena melihat lokasi yang sangat strategis yaitu di daerah pondok cina - Depok, dimana terdapat lebih dari 10.000 mahasiswa baru dari berbagai Universitas yang ada di sekitar mencari tempat kos - kosan sebagai tempat tinggal mereka. Segmentasi pasar usaha ini jelas diberikan untuk para mahasiswa ataupun karyawan.

Saya mempunyai teman satu kampus dimana ia bersedia untuk memberikan modal kepada usaha yang saya rencanakan ini, dan rencananya usaha tersebut akan di kelola oleh saya dan teman - teman yang sama - sama berstatus "perantau". Tahap awal dalam menjalankan usaha ini dimulai dengan memberikan koordinasi kepada teman - teman, kemudian dilanjutkan dengan mencari lahan, baik tanah kosong maupun rumah yang dijual untuk kemudian dikelola menjadi kos -kosan.

Selain kos - kosan, saya juga mempunyai rencana lain untuk membangun usaha tempat parkir di sekitar stasiun pondok cina - Depok. Rencana itu saya pilih karena informasi dari pemerintah yang akan menjalankan dan mengembangkan program "park 'n ride", dimana para pekerja atau pelajar yang pergi menuju jakarta disarankan untuk memarkirkan kendaraannya di stasiun atau terminal terdekat dan kemudian menaiki modal transportasi tersebut. Saya kira prospek usaha tempat parkir sangatlah menjanjikan, karena jumlah para pemarkir yang menitipkan kendaraannya di stasiun pocin sangatlah banyak dan tempat parkir yang tersedia belum cukup untuk menampung kendaraan. Terkait dengan masalah bentuk atau model tempat parkirnya masih dalam tahap pembicaraan dengan teman yang kompeten dibidang arsitek. Dan untuk menghormati lingkungan sekitar, kami berencana untuk memberi mereka lapangan pekerjaan dalam mengelola lahan parkir tersebut.

Demikian rencana wiraswasta saya dengan teman, semoga bisa berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar