Assalamu'alaikum wr.wb.

Rabu, 02 November 2011

Karakter Seorang Entrepreneur

Ketika menjalankan dunia usaha, seorang entrepreneur dituntut untuk bisa menjadi pribadi yang kreatif dan optimis. Semakin pesatnya dunia usaha saat ini melahirkan persaingan yang sangat ketat. Konsep yang kreatif dalam menjalankan suatu usaha sangatlah penting untuk menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen, serta rasa optimis yang tinggi dari entrepreneur juga diperlukan sebagai semangat untuk menuju keberhasilan dalam menjalankan usahanya.
Dalam buku berjudul The Entrepreneur, John Kao menyebutkan ada 11 karakteristik seorang entrepreneur. Apakah Anda memiliki beberapa karakteristik berikut?
1.       Total berkomitmen, menjadi penentu dan melindungi.
2.       Memiliki dorongan untuk mendapatkan dan bertumbuh.
3.       Berorientasi kepada kesempatan dan tujuan.
4.       Mempunyai inisiatif dan tanggung jawab personal.
5.       Pemecah persoalan secara terus menerus.
6.       Memiliki realisme dan dapat berbicara dengan selingan humor.
7.       Selalu mencari dan menggunakan umpan balik (feedback).
8.       Selalu berfokus pada internal.
9.       Menghitung dan mencari risiko.
10.   Memiliki kebutuhan yang kecil untuk status dan kekuasaan.
11.   Memiliki integritas dan reabilitas.

Selain 11 karakter yang disebutkan dalam buku John Kao, seorang entrepreneur juga dituntut untuk memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi dimana dia mampu menciptakan suatu konsep bisnis yang unik dari peluang pasar yang ada. Kita harus jeli melihat peluang dan kesempatan yang ada, jangan hanya menunggu kesempatan datang, tapi kita menciptakan kesempatan itu dan bertindak. Kemudian inovasi, mengembangkan inovasi dalam lingkup bisnisnya yang meliputi produk baru, proses, market, material atau organisasi. Kita harus bisa membangkitkan gairah orang lain dengan apa yang kita bisniskan, dengan cara membuat inovasi – inovasi yang cemerlang. Selain itu juga diperlukan ketrampilan pengambilan resiko, setiap entrepreneur menerima dan mengambil resiko bahwa bisnis yang dijalankannya mungkin akan mengalami kerugian atau kegagalan. Kita jangan takut akan kegagalan karena masih ada kemungkinan untuk berhasil. Resiko adalah suatu yang lumrah dalam dunia bisnis dan memang pasti ada resiko dalam bisnis tapi keuntungan menanti di depan kita. Manajemen, dimana seorang entrepreneur harus dapat mengelola dan mengalokasikan sumber dayanya yang terbatas. Dengan modal terbatas pun kita bisa menjalankan bisnis, yang penting kita harus berani mencoba, dan jangan takut akan gagal. Dan satu hal lagi yang terpenting bagi seorang entrepreneur yaitu fokus, fokuslah terhadap apa yang ingin anda capai, kurangi fokus kepada apa yang tidak anda inginkan, sebab banyak orang diluar sana yang gagal karena ia fokus kepada kegagagalannya, oleh karena itu fokuslah kepada apa yang ingin anda capai, dan orang bijak mengatakan fokus itu kecil, tetapi sangat tajam dan tepat sasaran. Maka saat ini mulailah dengan tulus, hasilnya akan mengakar, mulailah dengan fokus, hasilnya akan menyebar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar