Assalamu'alaikum wr.wb.

Minggu, 10 Juni 2012

Perbatasan Wilayah Negara Indonesia

1) Perbatasan wilayah darat dan laut negara Indonesia

      Indonesia merupakan negara kepulauan dengan garis pantai sekitar 81900km2, memiliki wilayah perbatasan dengan banyak negara lain baik perbatasan darat maupun laut. Indonesia mempunyai perbatasan darat dengan tiga negara tetangga, yaitu Malaysia, Papua Nugini dan Timor Leste. Sementara perbatasan laut dengan sepuluh negara tetangga, diantaranya Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste, India, Thailand, Australia, dan Palau. Hal ini tentunya sangat erat kaitannya dengan masalah penegakan kedaulatan dan hukum di laut, pengelolaan sumber daya alam serta pengembangan ekonomi kelautan suatu negara. Perbatasan darat Indonesia dengan Mayasia memiliki panjang di Provinsi Kalimantan Timur mencapai 1.038 kilometer. Luas wilayah perbatasan Kaltim dengan negara tetangga Malaysia dari Negeri Sabah hingga Serawak sebesar 88.513 kilometer, masing-masing 31.628 hektare berada di Kabupaten Kutai Barat, 42.620 hektare di Kabupaten Malinau, dan 14.623 hektare di Kabupaten Nunukan.
       Kemudian perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini ditandai dengan adanya garis perbatasan darat antara Indonesia dan PNG di Papua yang memanjang sekitar 760 kilometer dari Skouw, Jayapura di sebelah utara sampai muara sungai Bensbach, Merauke di sebelah Selatan. Garis batas ini ditetapkan melalui perjanjian antara Pemerintah Belanda dan Inggris pada pada tanggal 16 Mei 1895. Jumlah pilar batas di kawasan perbatasan Papua hingga saat ini masih sangat terbatas, yaitu hanya 52 buah. Jumlah pilar batas ini tentu sangat tidak memadai untuk suatu kawasan perbatasan yang sering dijadikan tempat persembunyian dan penyeberangan secara gelap oleh kelompok separatis kedua negara. Kondisi ini diperburuk lagi oleh ketidaktahuan masyarakat di sekitar perbatasan terhadap garis batas yang memisahkan kedua negara, bahkan diantara penduduk tersebut banyak yang belum memiliki tanda pengenal atau identitas diri seperti kartu tanda penduduk atau tanda pengenal lainnya.
         Kawasan perbatasan antarnegara dengan Timor Leste di NTT merupakan kawasan perbatasan antarnegara yang terbaru mengingat Timor Leste merupakan negara yang baru terbentuk dan sebelumnya adalah salah satu Provinsi di Indonesia. Perbatasan antarnegara di NTT terletak di 3 (tiga) kabupaten yaitu Belu, Kupang, dan Timor Leste Utara (TTU). Perbatasan antarnegara di Belu terletak memanjang dari utara ke selatan bagian pulau Timor, sedangkan Kabupaten Kupang dan TTU berbatasan dengan salah satu wilayah Timor Leste, yaitu Oekussi, yang terpisah dan berada di tengah wilayah Indonesia (enclave). Garis batas antarnegara di NTT ini terletak di 9 (sembilan) kecamatan, yaitu 1 (satu) kecamatan di Kabupaten Kupang, 3 (tiga) kecamatan di Kabupaten TTU, dan 5 (lima) kecamatan di Kabupaten Belu.
Dan untuk perbatasan laut Indonesia meliputi Batas Laut Teritorial (BLT), Batas Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE), Batas Landas Kontinen (BLK), Batas Zona Tambahan (BZT), dan Batas Zona Perikanan Khusus (Special Fisheries Zone/SFZ). Ketiga garis batas laut pertama ditentukan lebarnya oleh keberadaan pulau-pulau kecil di kawasan perbatasan yang diperlukan untuk penentuan titik dasar/garis pangkal kepulauan. Oleh karena itu, keberadaan pulau-pulau terluar, yang jumlahnya paling sedikit 92 pulau yang tersebar di 17 Provinsi mulai dari Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) sampai Papua, sangat strategis.



  1. Pulau – pulau di Indonesia yang terluar dan berbatasan langsung dengan negara lain.
Pulau terluar di Indonesia berjumlah sangat banyak dan berbatasan langsung dengan negara lain, yaitu dengan India (3 pulau), Malaysia (22 pulau), Singapura (5 pulau), Malaysia dan Vietnam (1 pulau), India dan Thailand (1 pulau), Filipina (11 pulau), Vietnam (2 pulau), Australia (24 pulau), Palau (8 pulau), dan Timor Leste (6 pulau), sementara 9 pulau lainnya berbatasan langsung dengan laut lepas. Potensi pulau-pulau terluar di perbatasan laut cukup besar dan bernilai ekonomi dan lingkungan yang tinggi. Beberapa pulau di Kepulauan Riau misalnya, dapat dikembangkan sebagai kawasan konservasi penyu dan kawasan wisata bahari karena kondisi alamnya yang indah. Selain itu, cukup banyak pula pulau yang memiliki potensi perikanan sehingga dapat dikembangkan untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat setempat. Namun demikian, tidak seluruh pulau dapat dikembangkan karena kondisi alam yang tidak memungkinkan. Dari keseluruhan pulau-pulau terluar yang ada, hanya 33 pulau yang dihuni oleh manusia. Pulau-pulau yang tidak dapat dihuni pada umumnya berupa pulau berbatu atau pulau karang dengan luasan yang kecil sehingga sulit untuk didarati oleh kapal.
Secara umum, pulau-pulau kecil terluar menghadapi permasalahan yang hampir serupa satu sama lain. Sebagian besar pulau-pulau kecil terluar merupakan pulau terpencil dengan aksesibilitas yang rendah serta tidak memiliki infrastruktur yang memadai. Berikut adalah daftar nama pulau terluar Indonesia :


  1. Provinsi Di Indonesia
Berikut ini adalah nama-nama provinsi dan Ibukota provinsi di wilayah Negara Republik Indonesia

PULAU SUMATERA
1
Provinsi Nanggro Aceh Darussalam Ibukota nya adalah Banda Aceh
2
Provinsi Sumatera Utara Ibukota nya adalah Medan
3
Provinsi Sumatera Barat Ibukota nya adalah Padang
4
Provinsi Riau Ibukota nya adalah Pekan Baru
5
Provinsi Kepulauan Riau Ibukota nya adalah Tanjung Pinang
6
Provinsi Jambi Ibukota nya adalah Jambi
7
Provinsi Sumatera Selatan Ibukota nya adalah Palembang
8
Provinsi Bangka Belitung Ibukota nya adalah Pangkal Pinang
9
Provinsi Bengkulu Ibukota nya adalah Bengkulu
10
Provinsi Lampung Ibukota nya adalah Bandar Lampung

PULAU JAWA
11
Provinsi DKI Jakarta Ibukota nya adalah Jakarta
12
Provinsi Jawa Barat Ibukota nya adalah Bandung
13
Provinsi Banten Ibukota nya adalah Serang
14
Provinsi Jawa Tengah Ibukota nya adalah Semarang
15
Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Ibukota nya adalah Yogyakarta
16
Provinsi Jawa Timur Ibukota nya adalah Surabaya

PULAU NUSA TENGGARA DAN BALI
17
Provinsi Bali Ibukota nya adalah Denpasar
18
Provinsi Nusa Tenggara Barat Ibukota nya adalah Mataram
19
Provinsi Nusa Tenggara Timur Ibukota nya adalah Kupang

PULAU KALIMANTAN
20
Provinsi Kalimantan Barat Ibukota nya adalah Pontianak
21
Provinsi Kalimantan Tengah Ibukota nya adalah Palangkaraya
22
Provinsi Kalimantan Selatan Ibukota nya adalah Banjarmasin
23
Provinsi Kalimantan Timur Ibukota nya adalah Samarinda

PULAU SULAWESI
24
Provinsi Sulawesi Utara Ibukota nya adalah Manado
25
Provinsi Sulawesi Barat Ibukota nya adalah Kota Mamuju
26
Provinsi Sulawesi Tengah Ibukota nya adalah Palu
27
Provinsi Sulawesi Tenggara Ibukota nya adalah Kendari
28
Provinsi Sulawesi Selatan Ibukota nya adalah Makassar
29
Provinsi Gorontalo Ibukota nya adalah Gorontalo

KEPULAUAN MALUKU DAN PAPUA
30
Provinsi Maluku Ibukota nya adalah Ambon
31
Provinsi Maluku Utara Ibukota nya adalah Ternate
32
Provinsi Papua Barat Ibukota nya adalah Kota Manokwari
33
Provinsi Papua Ibukota nya adalah Jayapura













Tidak ada komentar:

Poskan Komentar