Assalamu'alaikum wr.wb.

Kamis, 05 Januari 2012

Lingkungan Organisasi Bisnis

Setelah menulis tentang membaca peluang pasar, yaitu rencana untuk membangun gedung parkir di kawasan stasiun kereta rel listrik (KRL) Pondok Cina, kini saya akan membahas mengenai lingkungan organisasi bisnisnya. Melihat semakin pesatnya pertumbuhan  dan jumlah manusia, dan semakin kompleksnya kebutuhan ekonomi yang semuanya terfokus diwilayah Jakarta, maka dari aspek ekonomi, permintaan akan lahan parkir bagi mereka yang akan bekerja atau menuntut ilmu di Jakarta juga semakin meningkat. Ketersediaan lahan parkir yang sekarang sudah ada dirasa kurang memenuhi kebutuhan mereka.
Kemudian dilihat dari aspek kebijakan pemerintah, disini saya mencoba untuk menerapkan kebijakan pemerintah yang sudah disosialisasikan bulan september tahun 2011 lalu tentang himbauan untuk melakukan program “park and ride”, yang artinya himbauan kepada mereka para pekerja dan para pelajar yang akan melakukan perjalanan dari daerah Bogor – Depok menuju Jakarta, agar lebih baik memarkirkan kendaraannya dan menaiki modal transportasi yang telah disediakan oleh pemerintah seperti KRL (sekarang Commuter Line), Busway, angkutan kota (angkot), dan lain sebagainya. Jadi, nantinya akan segera dilakukan pembangunan – pembangunan lahan parkir disekitar stasiun, shelter busway, dan sekitar terminal. Dari kebijakan itulah saya melihat adanya peluang bisnis untuk membangun lahan parkir di sekitar stasiun Pondok Cina.
Kemudian dari aspek teknologi, saya akan menerapkan rancangan bangunan yang lebih efisien dan cukup modern, rencananya saya akan mengadopsi design tempat parkir di kampus saya yaitu Kampus E Universitas Gunadarma, saya melihat tempat parkir itu cukup efektif untuk menampung banyak motor setiap harinya agar pengguna jasa parkir tidak berdesak – desakan ketika memarkirkan kendaraannya, gedung parkir tersebut diperkirakan dapat menampung sampai 800 motor setiap harinya. Selain itu, teknologi CCTV juga akan saya pasang disudut – sudut tempat parkir demi keamanan kendaraan yang diparkir juga dapat memantau segala aktivitas di tempat parkir tersebut selama 24 jam. Kemudian dari aspek hukum, para pengguna jasa parkir akan diberikan asuransi kepada kendaraan yang mereka titipkan kepada tempat kami, itu dimaksudkan untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada mereka yang menitipkan kendaraanya ketika mereka sedang berangkat bekerja atau menuntut ilmu.
Selanjutnya dari aspek sosial, dengan dibangunnya lahan parkir yang cukup besar, diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dari warga sekitar stasiun pondok cina guna meningkatkan kemakmuran warga sekitar, selain itu juga warga dapat memanfaatkan pembangunan lahan parkir tersebut dengan membuka bisnis cuci helm atau cuci motor, melihat jumlah kendaraan bermotor yang sangat banyak. Itulah beberapa aspek lingkungan bisnis yang nantinya akan diterapkan di bisnis lahan parkir saya. Saya optimis dengan bisnis lahan parkir tersebut, mengingat keunggulan – keunggulan yang saya tawarkan dirasa lebih menarik perhatian pengguna jasa parkir dibandingkan dengan para pesaing saya yang sudah mendirikan lahan parkir terlebih dahulu. Seperti lahan parkir yang cukup luas, keamanan CCTV 24jam, asuransi kendaraan, dan design bangunan yang cukup modern sehingga kendaraan terbebas dari terik matahari dan hujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar