Assalamu'alaikum wr.wb.

Kamis, 31 Maret 2011

Tablet PC, Teman Manusia Masa Depan

Seiring dengan terus berkembangnya teknologi yang disertai dengan adanya kebutuhan yang cukup tinggi akan sebuah komputer yang mampu menemani mobilitas penggunanya, sebuah ide lahir untuk menciptakan komputer portable.
Pada tahun 1968, seorang yang bernama Alan Kay berhasil membuat konsep /  ide untuk membuat komputer portable. Ia menggambarkan sketsa komputer portabel dan dipublikasikan pada tahun 1972 dengan nama Dynabook. Sayangnya, Dynabook ini tidak pernah terwujud menjadi kenyataaan.
Sebuah perusahaan bernama GRID Systems akhirnya berhasil menjadi perusahaan pertama yang meluncurkan komputer portable berupa tablet komputer yang diberi nama GRIDPad pada tahun 1989. Pada saat itu, GRIDPad hadir dengan mengusung layar besar monochrome, fax/modem slot, internal floopy drive, dan PCMCIA slot. Sistem operasi yang dimilikinya adalah MS-DOS.
Masih pada tahun yang sama, Apple juga meluncurkan produknya yang bernama Apple Newton. Namun sedikit berbeda dari konsep awalnya sebagai tablet komputer, Apple Newton pada akhirnya memiliki dimensi yang sangat portabel sehingga lebih tepat dikatakan sebagai sebuah PDA (Personal Digital Assistant). Selanjutnya beberapa perusahaan ternama lainnya turut serta meramaikan persaingan dengan beberapa produk keluarannya seperti IBM ThinPad 700T dan Palm Pilot.
Tahun 2010 kemarin bisa disebut sebagai tahun kebangkitan tablet PC dimana Apple dengan produk iPad nya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat secara umum. Kesuksesan Apple melecut beberapa perusahaan lainnya untuk ikut ambil bagian.
Secara umum, tablet PC yang ada saat ini hadir dengan resolusi yang tinggi, yaitu 800 x 480 dan 1024 x 600. Hampir seluruhnya mengusung model Slate Tablet PC dengna variasi layar antara 5 hingga 10 inch. Beberapa tablet PC yang telah hadir maupun yang akan hadir di Indonesia adalah sebagai berikut :
Apple ipad, Archos 101, Asus EEE Pad, Axio PicoPad, Blackberry PlayBook, Creative ZiiO, CSL Spice, Dell Streak, HP Slate, Huawei SmaKit, MSI WindPad, OlivePad, Samsung Galaxy Tab, TabletKiosk Sahara, Tabulet Mech, ViewSonic ViewPad, dan Zyrex OnePad. Mayoritas dari produk – produk tersebut hadir dengan sistem operasi Android.

Berikut adalah contoh gambar dari tablet PC yang sudah beredar di pasar Indonesia :










Tidak ada komentar:

Posting Komentar