Assalamu'alaikum wr.wb.

Jumat, 07 Oktober 2011

Mengenal Jobdesc dan Jobspec

            Istilah Jobdesc dan Jobspec sering kita temui saat bersentuhan dengan dunia kerja. Jobdesc sebagai singkatan dari Job Description merupakan suatu dokumen yang mengacu pada gambaran tugas-tugas yang diperlukan, pengetahuan, keterampilan, kemampuan, dan struktur pelaporan yang diperlukan untuk pekerjaan. Deskripsi pekerjaan harus ditulis ringkas dan dengan tujuan utama informasi. Hal ini tidak begitu banyak dokumen hukum, karena merupakan cara untuk menyarankan calon karyawan dan saat ini apa yang diharapkan dalam pekerjaan tertentu.  Deskripsi pekerjaan berisi banyak fitur. Yang pertama adalah judul posisi. Ini harus diikuti dengan nama orang yang bertanggung jawab untuk mengawasi posisi dan lokasi pekerjaan. Ini juga merupakan ide yang baik untuk mencakup rentang skala gaji. Hal ini penting untuk menambahkan kondisi kerja karena ini adalah cara bagi calon karyawan untuk memutuskan apakah mereka tertarik dalam posisi tertentu. 
Deskripsi pekerjaan secara jelas mendefinisikan apa yang Anda harapkan sebagai manajer. Sebagai seorang karyawan, deskripsi pekerjaan yang ditulis dengan baik dapat membantu Anda menjadi siap dan informasi tentang apa yang diharapkan dari Anda. Jika dilakukan dengan benar, dapat menjadi alat yang berguna untuk membantu dalam komunikasi antara manajemen dan karyawan.


Sedangkan Jobspec atau Job Specification merupakan uraian dari spesifikasi pengetahuan, ketrampilan, dan pendidikan terakhir yang dijadikan sebagai persyaratan perekrutan / kualifikasi karyawan untuk mengisi posisi jabatan tertentu. Jobspec memiliki standar minimum tertentu yang ditetapkan oleh setiap organisasi / perusahaan ketika akan melakukan proses perekrutan, 

Jadi, dapat ditarik kesimpulan perbedaan antara Jobdesc dan Jobspec, dimana jobdesc merupakan gambaran tentang tugas dan tanggung jawab yang harus “dilakukan” oleh suatu jabatan pekerjaan tertentu. Sedangkan Jobspec merupakan kualifikasi yang harus “dimiliki” oleh karyawan untuk menduduki suatu posisi jabatan tertentu dan menjalankan jobdesc nya. Perbedaan selanjutnya menjelaskan bahwa Jobdesc merupakan milik organisasi / perusahaan dan Jobspec merupakan milik Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar